Selasa, 13 Februari 2018

Mencari jati diri dalam suatu gerakan



Assalamu'alaikum teman-teman,
Perkenalkan Namaku Nandini Eka Putri, biasa dipanggil Nandini/Dini. Tapi, manggilnya Nandini ajadeh ya. Saat ini aku duduk dibangku SMK kelas 2 domisili Balikpapan.
Aku juga manusia biasa sama seperti kalian, jadi nggak banyak deskripsi tentang aku yang terlalu spesifik yang harus kalian tau.
Ada beberapa hal yang mungkin akan membedakan aku dari kebanyakan orang, apa itu?
Yakni, aku punya kemauan yang sangat besar,aku juga memiliki mimpi yang bahkan nggak pernah aku mimpiin sebelumnya.
     Baiklah, dimulai dari cerita pertama ku beberapa tahun silam.
Pada saat itu, sebut saja aku sebagai gadis berumur 13 Tahun yang masih duduk di bangku SMP. Saat itu aku belum tau persis apa definisi mimpi, apa definisi pengalaman dan masih banyak lagi yang lainnya. Definisi-definisi susah sekali ditebak, susah sekali di cari jawabannya bagi anak berusia 13 tahun. Namun rupanya waktu selalu memberikan sesuatu yang tidak bisa aku jelaskan satu persatu.
Yang aku tau, kini salah satu bagian terhebat dihidupku salah satunya adalah waktu.
Kenapa?
karena, tidak semua jawaban dari pertanyaan akan dijawab oleh lisan. Dan aku merasakannya, segala jenis pertanyaan gadis kecil berumur 13 tahun selalu dijawab oleh waktu. Indahnya lagi, waktu tidak hanya memberikan aku jawaban, tapi ia sekaligus memberikan sebuah pengalaman yang nggak pernah aku bayangkan sebelumnya. Sebut saja sebagai "Mimpi yang belum pernah Dimimpikan".
2014


2014
   



 
Sudah liat foto diatas?
Foto itu merupakan salah satu dari sesuatu yang aku temukan dengan waktu. Seketika aku mulai berfikir kritis dan prihatin mengenai apapun tentang lingkungan.
Aku tidak akan bosan dengan ceritaku dimasa lalu yang tidak banyak orang mengetahuinya. Dan ini salah satunya.
     Tepat di tahun 2014 awal, aku melakukan Aksi perdana yang juga dilakukan oleh Nita Sofiani as Miss Earth Indonesia 2013 & Annisa Ananda as Miss Earth Indonesia 2014. Hingga saat itu, aksi positif dan niat tulus ini sangat di appreciate oleh Miss Earth ini.
Suatu jalan yang mulus untuk pemula seperti aku pada saat itu. Dimana kebanyakan remaja diusiaku lebih memilih bersenang-senang dari pada melakukan hal-hal seperti itu.
Namun aku termasuk orang yang suka memilih sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang.
Hingga pada saat itu aku bisa sharing dan berbagi pengalaman bersama duo Miss Earth Indonesia termasuk kak Nabilla as Miss Tourism rekan kak Nita Sofiani. Kesan pertama di perjuangan yang pertama, sangat menarik.
Ada satu pesan yang masih melekat di benakku dari sosok Miss Earth Indonesia 2013 ini yang menjadikannya inspirasi & motivasiku hingga kini. Ia pernah berpesan kepadaku bahwa "Setiap orang bisa menjadi inspirasi buat orang lainnya, bisa saja kamu juga menjadi inspirasi dari banyak orang. Tetaplah menjadi pejuang lingkungan,karena yang dibutuhkan adalah anak muda sepertimu". Well, Semangat itu bisa berasal dari mana saja dan bisa didapatkan dimana saja. Sederhana namun membangun.
     Dari situlah aku yakin bahwa mimpi bukan hanya sekedar mimpi, melainkan mimpi ada untuk dicapai dan dipupuk agar menjadi nyata.

     Sampai saat itu, semua motivasi, saran dan tips selalu mengalir dari Miss Earth Indonesia & keep contact hingga akhirnya ia harus pindah ke India. Namun, pesan dan semangatnya masih aku rasakan hingga saat ini.
Singkat cerita, kehidupan gadis berumur 13-14 tahun ini terus berlanjut dan berjalan seperti layaknya manusia yang lainnya, ia mencari apa yang akan ia cari.
Sampai waktunya, aku sang gadis itu menemukan sebuah Gerakan yang hingga saat ini masih aku jalani. Yakni, Earth Hour Balikpapan.
Gerakan yang membuat aku semakin yakin percaya diri untuk terus belajar lagi.
Gerakan ini mengajarkan aku tentang sesuatu, tentang kekeluargaan, tentang keberanian mengambil keputusan, tentang bagaimana cara berbicara di depan orang dan tentang pelajaran/pembelajaran yang tidak akan pernah aku dapatkan dimanapun.
     Melalui gerakan inilah ceritaku dimulai, melalui gerakan inilah perjalananku semakin lengkap dan lebih mempunyai tekad.
Melalui gerakan ini juga aku semakin yakin bahwa mimpi itu adalah bunga yang nyata. Dimana setiap manusia yang memiliki niat baik, maka segala hal dan urusannya akan lancar hingga tercapai tujuan dan mimpi itu.
    Sebentar lagi, perjalanan mimpi aku akan dimulai. Mau baca? mau dengarin? atau mau jadi salah satu inspirasi aku juga? aahaha..
Nantikan ceritaku selanjutnya ya! Siapa tau bisa jadi salah satu motivasi buat kamu juga.
See you di Blog berikutnya!

Jangan lupa kunjungi Instagram aku di @nandiniep atau email aku di nandinieka101@gmail.com untuk sharing/kritik & saran ya.


Salam,

Nandini

0 comments:

Posting Komentar